Minggu, 09 Desember 2012

MASJID NABAWI YANG BARU

MASJID NABAWI BARU. Sebelum diperluas Masjid Nabawi hanya memiliki 4 menara, namun pada bangunan setiap pojok masjid yang megah ini telah didirikan menara-menara baru, sehingga semuanya ada enam buah. Termasuk 2 menara besar yang mengapit pintu gerbang utama "Pintu Raja Fahd bin Abdul Aziz".

Di puncak setiap menara baru yang berketinggian 104 m itu terdapat ornamen "bulan sabit" dari bahan perung
gu yang dilapisi emas murni 24 karat dengan tinggi 7 m dan berat 4,5 ton. Pada ketinggian 87 meter dipasang "sinar laser" yang memancarkan cahaya ke arah Mekah sejauh 50 km, untuk menunjukkan arah kiblat dinyalakan pada saat-saat tertentu (waktu sholat). Sekarang Masjid Nabawi memiliki sepuluh menara yang sangat bagus dan mahal.

Kubah
Untuk pengaturan udara dalam bangunan yang sedemikian besar dan luas, dibuatlah 27 ruang terbuka dengan ukuran masing-masing 18x18 m. Sebagai atap dibuat kubah yang dapat dibuka dan ditutup secara elektronik dan dapat juga secara manual. Setiap kubah memiliki berat 80 ton terbuat dari kerangka baja dan beton yang dilapis kayu pilihan dengan hiasan "relief" bertahtakan batu mulia sejenis phirus yang sangat indah, sedangkan bagian luar atasnya dilapis dengan keramik tahan panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar